Air Nabeez Minuman Kegemaran Rasulullah Saat Berpuasa Dan Manfaat Untuk Kesehatan



Ada yang pernah mendengar atau tahu air nabeez?. Air nabeez adalah air rendaman buah kurma. Minuman ini sangat digemari oleh Rasulullah. Air nabeez seperti infused water pada kebanyakannya. Cuma peran buah-buahan digantikan dengan daging buah kurma. 

Cara membuat air nabeez juga cukup senang yaitu dengan meletakkan air matang dalam gelam yang tertutup dan masukkan daging buah kurma beberapa biji. Jika ingin membuat air nabeez saran dari saya pilih kurma yang sekit manis. Setelah di rendam 8-12 jam air nabeez dapat diminum. Air nabeez baik dimunum pagi hari saat sahur atau sore hari saat berbuka. 

1. Air Nabeez Pemulih Tenaga

Air nabeez yang mengandung alkali dapat mengurangkan asam pada tubuh. Air nabeez juga sebagai detox bagi tubuh. Sehingga racun-racun dalam tubug dapat dikeluarkan. Pemulihan tenaga juga dapat dilakukan dengan meminum air nabeez. 

2. Menghilangkan Kolestrol Jahat

Air nabeez mampu menghilangkan kolesterol jahat yang mendiami tubuh. Sangat bagus juga dalam menghilangkan sembelit. Dan air nabeez yang mengandung banyak fiber dapat menunjang proses diet anda.

3. Dapat Menekan Tekanan Darah 

Air nabeez juga kaya kandungan kalium. Sehingga membantu tekanan darah dan menstabilkan kerja jantung. 

#day12
#penajuara
#ramadanberkisah
#kurma

Biji Karet Cemilan yang Rasanya Menipu Lidah



Saat mendengar biji karet apa sih yang terlintas di benak teman-teman?. Kalau saya langsung teringat kampung halaman di Sumatra Utara yang banyak sekali perkebunan karet dan sawit. Kalau di kampung saya biji karet dipanggil rambung. Waktu kecil dulu biji karet menjadi mainan anak-anak di kampung. Kadang sesekali dibuat kerajinan. 

Tapi, seorang teman di sosial medianya mempromosikan biji karet goreng. Seketika saya berfikir 'apa enak biji karet dimakan?.' Lantas saya tersenyum getir. Ada-ada saja kreatifitas orang-orang sekarang ini melihat peluang untuk menghasilkan uang. 

Setiap hari postingan tentang biji karet goreng melewati beranda facebook. Saya semakin penasaran. Terlebih lagi melihat komen-komen yang sudah merasakan. Katanya rasanya seperti kacang goreng. Semakin gurih ketika dibuat berbagai rasa. Lagi-lagi saya berfikir masih belum percaya. Karena saat di kampung dulu tidak ada orang yang mengelola biji karet menjadi makanan atau cemilan. Biji-biji karet selalunya hanya dibuat benih pohon karet yang baru dan buat mainan. 

Akhirnya dari pada rasa penasaran itu ke bawa alam baka mimpi saat pulang kampung saya pun memesan 4 toples biji karet goreng. Saya pesan ke Mba Ifen temen saya. Pengiriman dari Jember ke Tebing Tinggi. Dua hari sebelum saya pulang kampung biju karet sudah dihantar. Sehari setelah saya tiba di kampung biji karet pun sampai. 

Untuk mengobati rasa penasaran tentang rasa biji karet goreng langsung saja paketan yang baru sampai saya buka. Setelah dibuka empat toples biji karet yang ada di hadapan saya pandangi. Seakan tidak percaya biji karet bisa dimakan. Setelah itu saya buka satu toples dan saya rasa isinya. Rasanya bukan seperti biji karet. Ini mah kacang bukan biji karet. Saya ngedumel dalam hati. 

Saat Abah yang baru pulang sholat ashar di mesjid langsung saya todong ikut merasakan si biji karet goreng. 

"Coba Abah rasa ini biji karet apa kacang sih," sambil tanganku nyuapkan biji karet goreng ke mulut Abah. 

Abah diam sejenak mengunyah biji karet yang berhasil aku masukkan ke mulutnya. 

"Hmmmm," Abah berfikir. 

"Rasanya seperti kacang," diambil lagi beberapa buah biji karet gorenf dan mengunyahnya. 

"Ini biji karet deh. Dulu waktu kecil-kecil Abah selalu juga buat biji karet goreng," sesaat Abah bernostalgia. 

Saat malam tiba. Saya, Abah dan Ibu menikmati siaran tv. Sebuah acara debat politik. Aku yang jarang sekali nonton tv hanya ngemil biji karet dan Abah sambil matanya melihat ke layar tv tangannya pun tidak berhenti memasukkan biji karet goreng ke mulutnya. Ketika acara debat selesai, habis juga biji karet satu toples. 

"Loh Bah kok ludes? Abah lapar apa doyan?" Tanyaku kepada Abah.

"Dua-duanya," jawab Abah sambil mesem-mesem. 

**** 
Kalau ada yang penasaran sama biji karet goreng Jember hubungi saja Mba Ifen (+6285855117744) 

Pengumuman Pemenang Give Away Suka-Suka


Assalamualaikum. Selamat malam, pagi, siang sobat jalan dan jajan. Saya akan mengumumkan untuk pemenang give away suka-suka. Sebelumnya terimakasih banget sama teman-teman yang sudah ikutan give away suka-suka untuk berbagi kepada teman-teman blogger dan memotivasi untuk terus menulis. Meski pun yang ikut give away tidak banyak tapi untuk menilai tulisan yang masuk saya sedikit bingung karena bagus-bagus semua. Ini jujur loh dari hati. 😊

Tapi, bagaimana pun saya harus menentukan satu orang siapa yang harus menanjadi juaranya. Setelah melihat dan membaca satu persatu sesuai syarat yang ditentukan pemenengnya adalah....

Jeng...

Jeng...

Jeng...

Berat! Berat!  Untuk menentukan pemenangnya. Tapi, bukan Dilan yang menilai. Tetap saya yang menilai. He he

Pemenangnya adalah Musabbiha El Abwa


Kepada pemenang diharap untuk mengirimkan nomer telephone dan alamat ke email dewimariyana19@gmail.com.

Kepada yang belum terpilih jadi pemenang akan ada hadiah hiburan. Sekali lagi terimakasih untuk yang berpartisipasi dalam acara give away suka-suka dari saya.

Wijilan Sentra Makan Gudeg Di Jogjakarta


Sumber : wonderful island Indonesia 

Jika mendengar nama kota Jogja pasti sepaket dengan kuliner Jogja yaitu gudeg. Di Jogja banyak sekali bahkan memang tempatnya makanan yang satu ini. Gudeg bisa kita jumpai di mana-mana selama kita berada di Jogja. Dari warung depan rumah, kaki lima hingga restoran mewah.

Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda atau gori yang diolah dengan cita rasa manis dan gurih. Mungkin bagi pecinta pedas makanan ini sedikit kurang pas. Tapi jangan takut, gudug biasanya disajikan dengan ayam kampung goreng, kerupuk, sambal krecek, tempe dan tahu bacem ataupun sate telur dan gorengan.

Baca juga : Mie rebus tambi kuliner legendaris di Tebing Tinggi

Meskipun selama di Jogja gudeg dapat ditemukan dimana pun. Tapi sentra makan gudeg berada di daerah Wijilan. Jika Anda sedang di Malioboro dan ingin menuju ke perkampungan Wijilan dengan mudah naik saja becak. Maka Anda akan dihantar sampai tempat.


Saat memasuki perkampungan Wijilan akan disambut dengan gapura besar dan pintunya berupa terowongan pendek. Dan di sebelah pintu akan ada bacaan "Sentra Makanan Khas Gudeg" nah dari pintu itu maka akan terlihat warung - warung gudeg berjejer rapi. Bahkan di antara gang sempit juga ada warung gudeg. Jika sudah memasuki area Wijilan tinggal pilih warung atau restoran gudeg yang mana yang Anda mau. Dari yang biasa hingga sampai yang sudah punya nama yang pengunjungnya rela antri berjam-jam.

Tidak hanya gudeg saja. Di Wijilan juga ada toko-toko yang menjual beragam oleh-oleh khas kota Jogja. Jika tidak sempat ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh bisa membeli disekitaran Wijilan. Dan jika membeli oleh-oleh jangan lupa harganya ditawar dengan wajar.

Pastinya jika main ke Jogja jangan lupa menikmati kuliner gudeg. Karena tanpa menikmati makanan Khas kota Jogja tetap ada yang kurang suasana perjalanan Anda.

Resep Udang Galah Gulai Dapur Asrama



Hai... Sahabat blogger selamat hari rabu. Kali ini saya ingin membagikan resep masakan gulai udang dapur asrama. Menu kali ini masih seputar seafood. Maklum saya suka banget sama yang namanya seafood. Hehe

Baca Juga : Resep Udang Telur Saus Tiram

Udang merupakan hewan laut yang banyak digemari. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya itu saja. Hewan laut yang bentuknya lucu dan unik sangat sedap jika diolah untuk berbagai makanan. Seperti halnya sambal udang, digulai, udang masak saus tiram, udang masak telur, udang bakar dan masih banyak lagi olahan yang bisa dibuat dengan bahan dasar udang.

Baca Juga : Gulai Ikan Manyung Dapur Asrama

Bahkan udang juga banyak jenisnya. Ada udang galah, udang lobster, udang ebi, udang kipas, udang jerbung dan masih banyak lagi jenisnya. 

Yupz....seperti yang saya katakan di atas saya akan membagikan resep gulai udang galah. Ini resep yang simpel banget. Resep ala-ala anak asrama yang ngga mau ribet tapi mau makan enak. He he 

Bahan 

1. Udang 1/4 gram 
2. Bawang merah 3 siung
3. Bawang patih 2 siung
4. Serai 1 batang (ambil putihnya) 
5. Kemiri 2 buah
6. Jahe 1 inc
7. Kunyit 1 inc
8. Cabai 5 buah (bisa ditambah kalau kurang) 
9. Santan 1/2 kotak (saya pakai santan kotak) 
10. Wortel 1/2 batang potong dadu
11. Kentang 2 biji potong dadu
12. Air
14. Gula dan garam secukupnya
15. Minyak goreng 2 sendok makan 16. Daun salam

Bahan yang dihaluskan 
Bahan nomer 2,3,5,6,7,8 dibersihkan dan cuci bersih. Setelah itu diblander atau pun digiling hingga halus.  

Cara memasak

1. Panaskan minyak tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan serai yang sudah digeprek. Masukkan daun salam. 

2. Setelah bumbu wangi masukkan sedikit air. Biarkan hingga mendidih setelah itu masukkan udang. Biarkan udang hingga berubah warna.

3. Setelah udang berubah warna masukkan sayuran kentang dan wortel yang suda dicuci dan dipotong dadu. 

4. Setelah itu masukkan santan yang sudah ditambah sedikit air. Aduk jangan sampai pecah santan. 
5. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk terus hingga masak. 

6. Kira-kira sayur dan sudah masak matikan api dan dihidang. Disantap dengan nasi hangat. Mudah kan?... 

Dengan 1,5 Juta Sudah Bisa Keliling Kuala Lumpur, Begini Caranya!

Sumber : Wikipedia 

Zaman sekarang tradisi jalan-jalan sudah  seperti menjadi suatu kebutuhan. Kalau dulu rasanya yang selalu suka atau pun terlihat bepergian ke luar negeri hanya orang-orang tertentu saja.  Terutamanya orang menengah ke atas. Tapi, untuk sekarang ini orang-orang dengan biaya ngepas juga bisa berpergian ke luar negeri, orang menyebutnya dengan istilah backpacker.

Baca Juga : Nasi Lemak Kuliner Nasional Malaysia

Dengan anggaran kecil dan pengalaman backpacking yang minim, tapi ingin jalan-jalan ke luar negeri. Pilihlah destinasi yang tepat untuk menikmati liburan ke luar negeri. Jika, masih pertama kali melakukan perjalana ke luar negeri, Malaysia merupakan negara yang tepat untuk dijadikan destinasi.

Karena Malaysia merupakan negara destinasi yang tepat untuk backpacker dengan budget tipis. Malaysia juga mudah dicapai. Karena jaraknya yang tidak jauh dari Indonesia. Serta banyak penerbangan dengan tambang murah yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. 

Malaysia dengan multi etnik. Dengan brbagai kultur masyakatnya terlihat dari bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur yang unik dan beragam. Serta banyak menyajikan tempat wisata tanpa biaya masuk atau gratis. 

Dengan budget 1,5 juta saja sudah bisa berkeliling Kuala Lumpur. Kuala Lumpur bukanlah wilayah yang besar. Bahkan kalau dibilang dalam satu hari saja bisa dijelajahi dari satu sudut ke satu sudut lainnya.  

Kuala Lumpur ibu kota Malaysia. Di  sini banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi wisatawan mancanegara. Bahkan transportasi di Kuala Lumpur memberi kenyamanan bagi pemumpangnya. Pusat-pusat informasi juga ada di mana-mana. 

1. Pilih lah hotel yang sesuai budget
Jika Anda backpacker dengan budget minim maka untuk penginapan selama melancong pilih lah yang sesuai isi kantong. Sekarang banyak sekali hotel, homestay backpacker yang menyediakan kamar murah. Untuk perorangan atau pun rombongan. Bahkan saat ini banyak kemudahan. Untuk reservasi hotel bisa dilakukan secara online. Anda tinggal memilih harga kamar hotel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Sekarang banyak hotel budget seharga di bawah Rp.300.000/malam bisa ditempati untuk 2 orang. 

2. Cari teman perjalanan
Jika Anda pelancong atau backpacker yang memiliki budget minim usahakan untuk melakukan perjalanan carilah teman perjalanan Anda 2-3 orang. Hal ini sangat membantu. Untuk penginapan bisa berkongsi harga. Jika per malam 300 ribu atau Rm100 maka jika berdua Anda hanya membayar setengahnya. 

3. Pilih destinasi yang tidak ada uang masuk
Walau budget tipis Anda tidak harus melewatkan tempat-tempat yang familiar dikunjungi oleh wisatawan. Anda bisa berkunjung ke destinasi yang bagus tanpa uang masuk. Misal seperti Batu caves, menara kembar (klcc), Pasar seni, mesjid jameek, dataran merdeka. 

4. Memanfaatkan transportasi umum 
Nah, dengan berbagai kemudahan di Malaysia salah satunya adalah transportasi umum. Harga ticket transportasi umum di Malaysia masih terbilang murah dari pada negara lainnya.  Untuk naik MRT, Monorel, KTM dan bus biasanya tidak sampai Rm5 tergantung jauh dekatnya. Dan bagi pelancong ada juga red line atau bus go go KL yang disediakan gratis untuk para pelancong. Tapi, biasanya bus go go KL ini rute yang dilewati tempat-tempat yang banyak jadi tujuan para wisatawan. Dan fasilitas bus gratis ini ada Wifi gratisnya juga loh. 

5. Makan 
Untuk urusan makan banyak sekali di Kuala Lumpur. Dari harganya yang selangit sampe harganya untuk kantong irit. Anda tinggal menyesuaikan kantong saja. Banyak kedai mamak (India Muslim) dengan makanan yang sedap tapi harganya murah. Ada juga restoran melayu atau Thailand dengan harga makanan yang cukup murah.  Jadi,  soal makan tidak perlu khawatir. Di Malaysia masih banyak warung atau kedai makan dengan harga murah.  

Dengan begitu walau pun budget hanya 1,5 juta atau setara Rm450 Anda sudah bisa berkeliling Kuala Lumpur tanpa harus takut kantong jebol. Dengan budget segitu Anda sudah bisa menikmati Kuala Lumpur 2 hari 3 malam. Jika ingin belanja-belanja pastinya sediakan uang lebih dan budget segitu belum termasuk ticket pesat.