Nasi Lemak Kuliner Nasional Malaysia

Sumber gambar : asiatetler 

Mendiami Malaysia selama 10 tahun lamanya membuat saya cukup akrab dengan beberapa makanan di Malaysia. Tak jarang teman-teman atau kenalan yang melancong ke Malaysia menanyakan makanan apa yang menjadi ikon kuliner Malaysia. Tidak komplit rasnya jika jalan-jalan tidak merasakan makanan menjadi ciri khas tempat yang kita kunjungi.  

Di Malaysia sebenarnya banyak sekali kuliner yang bisa kita nikmati. Dari makanan ringan hingga makanan berat. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Tapi, jika ditanya makanan apa yang menjadi ikon kuliner di Malaysia? Jawabnya adalah nasi lemak. Yupz...nasi lemak. 

Nasi lemak merupakan kuliner nasional negera Malaysia. Nasi yang di masak dengan rempah dan santan sehingg menghasilkan cita rasa girih dan lemak ini sangat mudah ditemui di mana-mana. Dari warung-warung pinggir jalan, rumah makan, kedai mamak (restoran India muslim) bahkan sampai hotel bintang 5 juga banyak yang menyediakan hidangan nasi lemak. 

Nasi lemak biasa dimakan dengan lauk ikan teri goreng, telur rebus atau goreng, potongan timun dan sambal. Tetapi sekarang ini nasi lemak disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti rendang, ayam goreng, masak merah, ayam kari dan lainnya. 

Harga nasi lemak pun bervariasi. Bahkan di dekat daerah saya tinggal ada nasi lemak dengan harga RM1. Pastinya dengan porsi nasi sedikit sepeti nasi kucing dan ditambah lauk ikan teri goreng sejumput, telur rebus 1butir dibagi 8 dan sedikit sambal. Dengan uang RM1 masih dapat menikmati nasi lemak. Tapi ada pula nasi lemak seharga RM3-5. Dengan harga segitu tentunya dengan lauk yang yang berbeda seperti ayam goreng atau lauk lainnya.

Nasi lemak jika di Indonesia tidak jauh berbeda dengan nasi uduk. Bahkan di wilayah Sumatra ada juga yang menyebut nasi uduk dengan sebutan nasi lemak. Yang saya perhatikan bedanya nasi lemak dan nasi uduk hanya di toping (lauk). Nasi uduk lauknya lebih bervariasi sedangkan nasi lemak hanya ikan teri goreng, telur, potongan timun dan sambal. Bahkan nasi lemak juga sering dijumpai di Singapore. Di foodcourt - forecourt di Singapore banyak yang menjual nasi lemak. 

Jadi jika ke Malaysia jangan lupa untuk mencicipi nasi lemak untuk sarapan lagi hari.


Previous
Next Post »
18 Komentar
avatar

Tapi saya jarang banget makan nasi lemak, Cak. Hehe

Balas
avatar

Baca nasi lemak kenapa jadi inget upin ipin ya 😆

Balas
avatar

Cocok banget buat sarapan hai ini hihi

Balas
avatar

Iya mblo. Tapi aku jarang beli nasi lemak kecuali pengen hehe

Balas
avatar

Tapi enakan nasi uduk kita. Hhaa

Balas
avatar

Nyam nyam..masih termasuk murah ya, Wie

Balas
avatar

Iya,Mba. Aku pas nemu nasi lemak RM1 kaget.

Balas
avatar

Senangnya bisa jalan-jalan sambil kulineran :-)

Balas
avatar

Mirip nasi uduk bukan sih mbak?

Balas
avatar

Jalan dan kuliner seakan diciptakan utk brdampngan hehe

Balas
avatar

Pernah ngrasain pas ikut suami wisuda di malaysia. Sekali thok, seminggu disana. Pengen kesana lagi g keturutan. Hehe

Balas
avatar

Ayokk ke sini lagi, mba he he

Balas